Wednesday, October 3, 2012

Fakta Unik Tentang Kucing

Fakta Unik Tentang Kucing

Kucing, Felis silvestris-catus, adalah sejenis karnivora. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing raksasa" seperti singa, harimau, macan dan sebagainya.
Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 3.500 tahun yang lalu, ketika orang Mesir kuno menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari hasil panen. Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia.
Berikut merupakan fakta-fakta menarik tentang kucing:

1. Tahukah kamu, kucing (Felis silvestrid-catus), terutama kucing rumah adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu species, mengalahkan kucing besar (seperti singa, harimau, dan sejenisnya) yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 species. Namun karena ukurannya terbilang kecil, maka tidak berbahaya bagi manusia (syukurlah...). Namun tetap saja sangat berbahaya apabila kucing ini terinfeksi rabies.


2. Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusiasekurangnya sejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orangMesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hamatikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka.Namun, percaya atau tidak, di dunia ini hanya terdapat 1%populasi kucing di dunia yang termasuk galur murni atau kucingras. Sisanya adalah kucing hasil pencampuran dari berbagairas ataubiasayang kita sebut sebagai kucing kampung.Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling seringdicari dan mahal harganya.


3. Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata "Meong".Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suarakucing sering ditulis dengan "Meow". Di negara Inggris sendiri,suara kucing ditulis "Miaow".Kalau bahasa Jepang seringditulis dengan kata "Nya"


4. Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kgdan jarang melebihi 10 kg, kecuali diberi makan berlebih, sipussy bisa mencapai berat badan 23 kg. Dalam penangkaran,kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, dimana kucingtertua pernah diketahui berusia 36 tahun! Kucing liar yanghidup di lingkungan urban modern hanya mampu hidup selama2 tahun atau bahkan kurang dari itu.


5. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka seringmerawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau airliur mereka adalah agen pembersih yang kuat. tapi dapatmemicu alergi pada manusia. Kadangkala kucingmemuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yangterkumpul di dalam perutnya. Sementara itu kucing dapatmenyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbanghewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12 - 16 jam perhari, dengan angka rata-rata 13 - 14 jam. Tapi tidak jarangdijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari!6. Percaya atau tidak, di abad pertengahan kucing dianggapberasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan caradibakar dan dilempar dari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarahpercaya bahwa wabah Black Death atau wabah pes menyebardengan cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat tahyul itu. Halitu disebabkan banyaknya pembunuhan kucing yang dilakukansehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa wabahpes tersebut.

Read more: http://onde22.blogspot.com/2012/06/fakta-unik-tentang-kucing.html#ixzz28CXDKtSu

No comments:

Post a Comment